Keseruan Kegiatan Perjusami Pramuka Saka Wira Kartika di wilayah Kodim 0306 Payakumbuh 50 Kota.

0
184

Payakumbuh,Liputansumbar.com – Walikota Payakumbuh Riza Falepi hadiri pembukaan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (PERJUSAMI) Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Korem 032/Wirabraja, Jumat (5/7). Kegiatan yang berlangsung di Tanjuang Mungo Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota tersebut dibuka langsung oleh Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen Inf. Kunto Arif Wibowo.

Riza Falepi mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan generasi di bawah binaan kodim yang ada di Sumbar. Menurutnya generasi muda harus menjadi agen penyaring bagi budaya-budaya yang tidak patut masuk ke Indonesia dan yang bertentangan dengan kebudayaan serta kearifan lokal.

loading...

“Kegiatan ini sangat bagus sekali karena dapat membina generasi muda untuk lebih mandiri dan menumbuhkan rasa bela negara melalui kegiatan kepramukaan,” ujar Walikota yang juga didampingi Kajari Payakumbuh Nur Tamam, Wakapolres Payakumbuh Kompol Eridal, dan OPD terkait

Ia menambahkan bahwa dengan adanya banyak kegiatan positif tersebut khususnya dalam kepramukaan dapat membangun karakter Pancasila di kalangan generasi muda. Sehingga tidak ada lagi menerima karakter ideologi lain yang dapat merusak tatanan kenegaraan dan bangsa ini ke depannya.

“Kita harus menjadi tonggak generasi penerus dan jangan mudah terbuai dengan istilah-istilah baru tanpa kita tahu apa yang harus kita lakukan. Apalagi nantinya akan bertentangan dengan ideologi kebangsaan kita yaitu Pancasila,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Dandim 0306/50 Kota Letkol Solikhin, Sekda Kabupaten Limapuluh Kota, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadi, serta Dandim yang ada di Sumbar. Kegiatan pembukaan ini ditutup dengan atraksi Korp Musik/Drum Band Denzipur 02/Padang Mangatas, atraksi bongkar pasang senjata serta Yel-yel oleh Pramuka utusan dari berbagai Kabupaten/Kota se Sumbar.

Sedangkan untuk kegiatan selama Perjusami, akan berlangsung selama 3 hari yaitu sejak tanggal 5 Juni 2019 hingga 7 Juli 2019 dengan beberapa kategori lomba yaitu
Lomba How Ton Find Fighter (HTF) dimana peserta akan mengatasi rintangan yang ada di alam, Lomba Penyelesaian Persoalan, dan Lomba Bongkar Pasang Senjata.( ws)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here