Jakarta,Liputansumbar.com-Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk pertama kalinya menganugerahkan “Leadership Award” kepada 24 kepala daerah pada level gubernur, bupati, dan wali kota pada 18 Desember 2017.di jakarta,pada senin malam

loading...

Penghargaan kepemimpinan kepala daerah tahun 2017 diberikan Mendagri kepada para kepala daerah yang dinilai berprestasi dalam aspek kepemimpinan birokrasi dan sosial.

Sementara itu pada level wali kota tercatat tujuh penerima, yakni Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi,Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Samarinda Syaharie Ja’ang, Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi,Wali Kota Lubuk Linggau HSN Prana Putra Sohe, dan Wali Kota Pontianak H Sutarmadji.

“Leadership Award”merupakan salah satu program prioritas nasional Kementerian Dalam Negeri tahun 2017 yang penyelenggaraannya dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Otonomi Daerah (Puslitbang Otda) Kementerian Dalam Negeri.

Mendagri Tjahjo Kumolo pada malam penganugerahan penghargaan antara lain menjelaskan, tujuan pemberian penghargaan itu adalah untuk mencari “mutiara-mutiara” daerah yang nantinya dapat menjadi calon-calon pemimpin bangsa. Selain itu, para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan diharapkan dapat menjadi contoh dan teladan bagi kepala-kepala daerah lainnya.

Kriteria pemberian penghargaan kepemimpinan kepala daerah itu sendiri ada empat. Pertama, kepala daerah yang bersangkutan sudah menduduki jabatannya minimal empat tahun. Kedua, kepala daerah dimaksud telah mendapat penghargaan dari lembaga-lembaga yang kredibel, baik di dalam maupun di luar negeri.

Selanjutnya, ketiga, yang bersangkutan tidak tersangkut masalah hukum/moral, dan keempat, kepala daerah itu mendapatkan sorotan positif dari media massa lokal dan nasional.(TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here